Culinary Memoirs of A Biologist Who Loves Food

Margherita Black Truffle Pizza

Truffle Margherita

Pizza Margherita adalah pizza autentik Italia, yang menurut saya merupakan standar rasa sebuah pizza, bagaikan pemanggangan medium-rare pada steak yang bisa mencerminkan rasa dan kesegaran dari bahan2 di dalamnya. Saya ga bilang ini berlaku buat pizza cepat saji ya (saya sebut aja: Pizza Hut, Domino’s Pizza, Papa Ron’s Pizza itu termasuk pizza cepat saji). Ini berlaku untuk kalau di Jakarta itu… Izzi Pizza, Pizza Express (dulu Pizza Marzano), dan mungkin di resto2 khas Italia pasti ada. Mintalah pizza Margherita, di mana kita bisa merasakan seberapa renyah-matangnya roti yang dipanggang di tungku, seberapa segarnya saus tomatnya, seberapa pas dan segar keju mozzarella-nya, hingga mungkin secara optional… seberapa segar daun basil di atasnya. Tambahan, daun basil itu BEDA dengan daun kemangi, daun basil itu adalah daun selasih. Basil itu Ocimum basilicum Linn., kemangi Ocimum x citriodorum Vis. Beda varietas, beda rasa. Kemangi punya rasa lebih pahit ketimbang basil!

Oke, kembali lagi. Waktu itu saya di Singapura mengajak kedua dosen saya, Dr. Any Fitriani dan Dr. Totik Sri Mariani yang penasaran atas seperti apa rasa jamur truffle yang legendaris itu? Waktu itu kami kebetulan akan menelitinya, dan tentu… tanpa mencoba, kami ga akan tau seenak apa jamur yang menjadi berlian dapur ini! Saya pun ada ide.

Spizza, restoran ini dulu ada cabangnya di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Sampai entah kenapa, nampaknya bangkrut. Untungnya, di Singapura, restoran ini masih ada. Saya lupa, asal restoran ini dari mana, cuma bagi saya keunggulan resto ini adalah variasi bahan yang beragam, dengan nama2 feminim yang diberikan pada pizza di menu restoran ini, mulai dari Anna, Barbara, hingga Xandra.

Pizza Quinta, pizza yang lain di menu, memiliki topping saus tomat, mozzarella, telur, dan pasta jamur truffle hitam (Tuber melanosporum, jamur truffle hitam Perigord asal Perancis). Aduh… ada telur. Saya jujur ga suka telur yang masih utuh karena baunya (campur jadi custard atau jadi adonan, masalah beres… tapi masih berbentuk telur? NO THANKS!). Bagi saya, mengurangi isi suatu makanan adalah penghinaan. Saya lebih suka meminta chef untuk menambahkan ketimbang mengurangi (kalau kepepet). Maka dari itu… untuk menyajikan pizza dengan jamur truffle hitam, saya memesannya secara beda!

MENU

Pizza Margherita — SGD 22

Extra Topping Black Truffle Paste -≈ SGD 2

Et voila! Jadilah Black Margherita Pizza! Ketika digigit, gurihnya mozzarella, renyahnya roti, dan segarnya tomat sudah pas. Kemudian sentuhan jamur truffle hitam yang rasanya… halus, agak seperti keju yang tua, sedikit agak terasa seperti bawang putih, bercampur di lidah! Eksotis!!

…dan dari situlah saya meyakinkan kedua dosen saya itu dengan nikmatnya rasa jamur truffle hitam yang eksotik itu. Walau mahal, suatu hari nanti saya berharap bisa mencicipi rasa jamur truffle hitam yang lebih utuh (diiris atau dipotong, ketimbang dihaluskan), atau kalau lebih untung… jamur truffle putih, jamur termahal di dunia yang menjadi incaran para chef pemasak hidangan haute cuisine!

-AW-

2 responses

  1. elita

    di sini di Sulawesi masyarakat di dalam hutan biasa menyebut truffle dengan bayao Butta (telur tanah) dalam bahasa Indonesia Karna hanya di dalam tanah, tidak perlu anjing pe lacak Karna masyarakat asli sudah ahli mencari jamur ini hanya mereka tidak tahu namanya adalah truffle sampai saya melihat dan merasakannya.. asli bukan kaleng rasanya persis daging sapi.
    Jika berminat silakan hubungi saya saat musimnya hanya 1 tahun sekali siapa tau saya bisa bantu dengan harga miring
    jika anda rasa palsu tidak usah dibayar.. seandainya ada kolom foto disini saya akan buktikan

    March 11, 2016 at 9:25 AM

    • Adit W

      Boleh kirim fotonya ke e-mail saya di adhityo.wicaksono@gmail.com? Saya mau coba identifikasi dulu dan mungkin kontak dosen saya karena ada yg tertarik untuk penelitian truffle

      March 11, 2016 at 9:34 AM

Leave a Reply

