Culinary Memoirs of A Biologist Who Loves Food

Sushi Miya8i, Depok

Saya adalah penggemar sushi. Saya suka sekali mengeksplor makanan Jepang satu ini dari satu tempat ke tempat lain. Mulai dari tipe original hingga sajian fusion hasil kreasi para chef yang ada di restoran.

Siang ini saya berburu bahan review untuk majalah. Iseng, saya pergi ke Depok dengan kereta Commuter Line dan turun di Stasiun Pondok Cina. Melangkah ke luar stasiun dan berjalan sesaat, tibalah saya di jalan raya kota Depok. Ramai, dan banyak makanan di pinggir jalan. Saya yakin (dengan sok taunya, tempat ini adalah area hang out anak2 Universitas Indonesia yang kuliah. Bagaimana tidak berpikir demikian, sebagai anak kosan selama 4 tahun di Bandung dan ke Yogya, saya sudah punya insting untuk mengendus seperti apa daerah kosan dan area tempat nongkrong mahasiswa *tsaah!*.

Gak jauh dari jalan keluar saya tadi, saya menapakkan kaki saya di Sushi Miya8i. Cukup terkenal dari mulut ke mulut, dan… namanya… ajaib. Kenapa namanya Miya8i yah? Otak bengkok saya bilang ini kayaknya ada hubungannya sama Maria Ozawa, wait… no! Jika iya, mungkin harapannya orang yang makan bisa addicted ke tempat ini (para pembaca yang baik, saya sebut aja yah… Maria Ozawa itu bintang film porno Jepang dengan alias Miyabi, oke? Jangan dieksplor!). Tunggu2… ya udah, mungkin ini adalah sebuah nama inovatif buatan sang pembuat restoran. Oke2, stop… saya ga mau membahasnya lebih lanjut dan saya gak mau dituntut gara2 membahas itu!

Masuk ke tempat ini, saya disambut mas2. Dia menawarkan menu makanan dan dengan gaya sok profesional, saya menanyakan menu andalan tempat ini. Pada akhirnya, saya memesan 2 sushi, eh nambah 1 lagi jadi 3, dan 1 minuman. Saya duduk, memperhatikan tempat ini secara seksama, menikmati suasana siang, dan wah… saya suka tempat ini. Saya bisa santai di sini. Di bawah bangku ada colokan, seolah mengundang saya untuk bisa duduk lebih lama dan ber-laptop ria. Cuma saya siang ini cuma mau kunjungan iseng aja, ga lama2. Jadi saya cuma duduk, nyantai, siang ini saya agak cranky gara2 saya lapar (ceritanya lagi ikut diet OCD), dan membalas LINE sang pacar nan jauh di sana. Belum lama, makanannya dateng! Wah, cepet! Paling saya hitung cuma sekitar 10 menit.

Pesanan saya yang pertama, Seulawah Roll. Sushi ini disajikan berbentuk gunung, piramida atau menara… setelah saya cek di internet, ternyata Seulawah adalah nama gunung di Aceh, jadi mungkin itu konsepnya ya. Sushi maki (roll) isi timun, wortel, dan ikan tuna panggang. Disusun, diberi remah tepung, mayo, shoyu manis, dan telur ikan terbang (tobikko). Saya ambil dan saya cicipi, rasanya enak! Ikannya kerasa, digigit kena remah tepungnya jadi kerasa ‘kres’ gitu, mayo-shoyu nya memberi cita rasa asam-manis yang pas.

Sushi Miya8i - Seulawah Roll

Seulawah Roll.

Bersamaan dengan itu keluar ke meja saya, minuman saya datang. Blue Virgin Mojito. Mojito biasanya adalah sirup yang dipakai buat minuman cocktail ataupun mocktail. Istilah virgin di sini… hmmm… bedasarkan apa yang pernah saya ketahui, menunjukkan bahwa ini adalah minuman tanpa alkohol (referensi ke Cuba Libre dan Virgin Cuba Libre, Cuba Libre adalah kola dengan lemon ditambah rum, sementara Virgin Cuba Libre tanpa rum). Mocktail, bisa dibilang begitu. Rasa minuman ini segar, rasa lime nya kerasa, dan menjadi teman makan saya yang pas siang ini. Sluurpp…

Sushi Miya8i - Blue Virgin Mojito

Blue Virgin Mojito.

Makanan kedua, saya pesan karena unik. Sushi pizza. Biasanya restoran2 sushi menyajikannya nyeleneh dengan nasinya dibentuk bulat, diberi ikan, dan mayo atau keju di atasnya lalu di flambe atau di-torch dengan api. Angry Pizza Sushi, bentuknya gak kayak gitu. Kotak2, isi ikan salmon, di atasnya ada keju dengan mayo, dan tobikko. Rasanya enak. Pas gitu rasa salmon dan keju (ya saya tau salmon itu ikan yang termasuk fleksibel dalam penyajian, dan ini rasanya klop). Kejunya gak ganggu, dan bisa nyambung sama ikan dan mayo. Saran saya buat restoran ini cuma satu, nasinya perlu dipertebal karena susah disumpit dan gampang pecah kalau salah jepit. Sisanya udah oke. Menu ini ga terlalu kerasa seperti pizza, mungkin nama ‘pizza’ di sini muncul karena keju di atas daging (ikan di sini).

Sushi Miya8i - Angry Pizza Sushi

Angry Pizza Sushi.

Saya pun tergoda memesan menu ketiga, Ori Baked California Roll. Tertegun melihat deskripsi menu, sushi isi timun dan di atasnya ada mayo dan kerang scallop. Scallop… ya scallop. Kerang ini cukup bisa dibilang makanan berkelas (walau tidak setinggi kerang abalon). Penasaran, saya pun memesannya. Pas tiba di meja, saya kaget. Kok di atas sushi nya yang ada malah crab stick?

Sushi Miya8i - Ori Baked California Roll

Ori Baked California Roll.

Penasaran, saya pun memakannya. Jujur, saya mencari2 di mana scallop nya. Soalnya sejauh saya mengeruk dengan sumput, cuma ada potongan crab stick. Suatu ketika, tiba2 ada perlawanan di gigi saya, sesuatu yang beda tingkat kekenyalannya. Inikah scallopnya? Ini masih jadi misteri sampai saya menulis ini. Kalau iya, baiklah… saran saya, mending scallop nya dibuat lebih appealing ketimbang crab stick nya. Kalau ga ada scallop, kalian telah menipu saya.

Sebelum pulang, saya iseng nanya sama mas2nya soal Seulawah Roll, kenapa namanya gitu? Sedihnya si mas ga bisa jawab. Buat saya, ini esensial lho biar si mas ini bukan chef nya. Seorang waiter/tress yang baik harus tau filosofi menu dan apa kelebihan menu2nya. Walaupun itu adalah restoran berupa warung sekalipun. Si mas ini bilang itu nama buatan chef nya di Kemayoran sana. Oke deh, saya mengangguk aja.

But, so far so good. Mayo untuk sushi di tempat ini rasanya khas. Bisa berpadu dengan sushi nya dang gak terlalu membuat mual. Saya suka tempat ini dan saya tertarik ke sini lagi kapan2 bareng temen2 saya buat hang out.

Oke… jadi…

Harga:

Angry Pizza Sushi – Rp 29.000,00

Blue Virgin Mojito – Rp 25.000,00

Ori Baked California Roll – Rp 31.000,00

Seulawah Roll – Rp 33.000,00

Subtotal: Rp 118.000,00 –> + 15% service tax + PPn

Total: Rp 135.290.00

Beuh… lumayan juga harganya.

AW Rating: √√√√ (4 dari 5, enak, originalitas nya ada, cuma harga beberapa menu masih intimidating buat saya dan saya masih penasaran sama scallop di makanan tadi… plus, maaf… mas tadi ga bisa jawab makna nama di balik Seulawah Roll nya)

SUSHI MIYA8I

Ruko Margonda Raya no. 417. RT 001/RW 008. Blok 5-6. Beji, Pondok Cina – Depok. Ph: +6221 7721 4559.

Jam buka: 11:00 am – 11:00 pm

Jangkauan Harga (belum dengan pajak):

Makanan: Rp 9.000,00 – Rp 115.000,00 (yang 115rb ini adalah paket shabu-shabu, sisanya di bawah 70rb)

Minuman: Rp 10.000,00 – Rp 25.000,00

Tambahan: Perlu dicoba nih kalo malem ke sana! Haha…

-AW-

2 responses

  1. dith gw link ya blog lo 😀

    September 13, 2013 at 1:10 PM

    • Adit W

      Silahkan Sha 🙂

      September 13, 2013 at 2:44 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s