Culinary Memoirs of A Biologist Who Loves Food

Home Delivery/Food Home Industry

(BIO FACTION) Standardised Production in Kitchen

When we are eating in our house, we all know that when we are cooking, the proportion and composition of the ingredients we added are based solely by our instinct and experience in cooking. In higher scale, in restaurant level, higher experience is required so every food sent to each costumers are equally rationed and flavoured from time to time to maintain the quality of the restaurants and credibility of the staffs. In even higher production level, the uniformity of produced food must be kept at optimum level. Things that we called in here, both as result in hours of experiences and quality management are all about standardisation.

In Vienna at Fall 2015, Bio Faction opened a workshop about food standardisation. Allowing the participants to make some foods with equally measured weights, sizes, even to the food appearances that required in industrial level of food production. As food is very closely related to food biological science, perfect adjustments/combinations will allow us to create the food product in desired variables of shape, flavours, colours, and odours. For example, the cylindrical egg and burger patties in this video (linked to Vimeo):

For Vimeo-unabled countries, the video can be accessed here.

As I always said in this blog, making constantly good food requires much efforts, one error might result on lower income for your restaurants or home industries!

Video is provided by Markus Schmidt of BioFaction Vienna (2015).

-AW-


Delivery: Pas?Ta, Malang

Malang, adalah tempat dengan para seniman kuliner yang kreatif dan inovatif di Jawa Timur. Gimana nggak? Kota kecil satu ini penuh dengan universitas ternama, seperti Universitas Brawijaya, yang artinya… makanan di Malang pastinya harus punya harga terjangkau, namun tanpa mengurangi kualitas kontennya.

Satu yang paling memikat mata dan hati saya adalah sebuah industri rumah, berbasis pesan antar, dengan menu pasta Italia. Hmmm… saya yang adalah penikmat pasta pun penasaran untuk mencicipinya.

Pas-Ta

It’s in the box, with taste of pasta goodness!

Thanks to Dimas, Yuke, dan Yossi, saya pun berkesempatan untuk mencoba kecanggihan makanan yang memiliki brand bernama Pas?Ta ini! Namanya emang unik… yaaa… kalo ngomong pake bahasa Jawa, “Pas… ta?”

Yo aku bakal ngomong koyo ngene soal panganan sing satu iki “Wis pas tenan kok mas, mbak! Uenak lho!” *apa sih DIt, garing!*

Jadi begini, saya ga bakal main2 kalau menilai pasta yang notabene nya adalah makanan kesukaan saya dari SD ini. Aspek penilaian: Kematangan, perpaduan, dan kreativitas. Terlepas dari saya berteman dengan beberapa founder industri ini yang saya tulis di atas, saya gak main2. Kalo soal kematangan, saya berani ngasih 4 jempol. Ga overcook (ditandai dengan pasta warnanya putih), dan gak kaku (masih keras). Tingkat kekenyalannya pas. Sisanya… mari kita coba!

Oke, jadi ada apa aja?

PT - Spaghetti Bolognese (1)

Spaghetti Bolognese…

PT - Spaghetti Bolognese (2)

…dalamnya…

Spaghetti Bolognese, dengan saus daging yang kaya dan gak pelit. Disajikan dengan taburan keju parut. Rasanya agak manis khas tomat, rempahnya kerasa, dan… uenak!

PT - Macaroni Cheese Pop

Macaroni Cheese Pop.

Kadang, mereka yang masak makaroni keju itu pelit. Keju ada, tapi krimnya lebay. Alhasil? Rasanya bikin eneg. Kalo ini? Oh Tuhan… liat gambar di atas… dengan keju yang omaaaak satu itu, krim proporsional, hmmmmmmmh… pas buat para pecinta keju.

PT - Fusilli Carbonara

Fusilli Carbonara.

Saus carbonara adalah salah satu saus dasar di Italia. Ditemukan para penambang batu bara (terus… batu bara adalah karbon alias arang dari fosil). Dibuat dari krim, keju, dan telur, dan secara tradisional dibuat di atas tungku batu bara. Tekstur idealnya adalah creamy, dan proporsi telu-krim-keju harus pas, kalo gak bakal pecah sausnya. Kalo fusilli (pasta spiral) yang dimasak ini… rasanya… pas. Cuma rasanya cenderung lebih manis daripada biasanya.

PT - Fettucinne Beef Aglio Olio

Fettucinne Smoked Beef Aglio Olio.

Aglio olio adalah bahasa Italia yang artinya (dimasak dengan) minyak (olio) dan bawang putih (aglio). Biasanya dimasak juga dengan cabe bubuk. Untuk ekstra, biasanya dikasih daging. Fettucinne ini… aroma bawang yang unik, pedasnya cabe, rasa kuat smoked beef, dan taburan keju Parmesan… rasa di dalamnya menari2 di mulut, dan menjadikan ini menu favorit saya dari mereka!

PT - Penne Chicken Curry

Penne Chicken Curry.

Suka kari? Coba deh pasta penne (yang kayak pipa) dengan ayam dimasak dengan saus kari. Rasa penuh rempah dan krimnya ngebuat lupa diri. Tau menariknya? Semakin kita diamkan, ntah kita pesan kebanyakan terus kita simpan buat dimakan besoknya, rasanya akan semakin kuat dan meresap! Super!!

Pas?Ta menerima pemesanan di area kota Malang, dan pemesanan di Surabaya akan dikirim dengan travel. Kalo saya ke sana lagi, saya akan pasti memesan makanan ini lagi!

PS: Semua gambar di atas adalah ukuran S atau Small atau kecil! Harga? Rp 15.000,00

AW’s Rating: √√√√√ (full score)

—-

PAS?TA

Instagram: PASTAORDER

Ph: +62812 3572 0688/+62813 3337 4241

Line: Dimas – id: orderpasta

BBM: 7B327B0C/7CB61BB3

E-mail: orderpastahere@gmail.com

Jam Pemesanan: 08:00 AM – 07:00 PM

Daftar Harga:

Ukuran S: Rp 15.000,00

Ukuran M: Rp 20.000,00

Ukuran L: Rp 35.000,00

Tambah Keju: Rp 3.000,00

Ongkos kirim:

Area Malang Kota: Rp 5.000,00

Kawasan Kabupaten Malang: Rp 10.000,00

Di luar itu: Tanya yang jual

-AW-